google.com, pub-8930286523086770, DIRECT, f08c47fec0942fa0 8 SUMBER REZEKI YANG TERTUANG DALAM KALAM ILLAHI - Motivasi_Diri
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 SUMBER REZEKI YANG TERTUANG DALAM KALAM ILLAHI

 

8 SUMBER REZEKI YANG TERTUANG DALAM KALAM ILLAHI

(OLEH: DR.H.SUKARMAWAN,M.Pd.)

8 SUMBER REZEKI

Seringkali kita menganggap bahwa karunia rezeki hanya persoalan uang yang dihasilkan dari jerih payah kita dalam bekerja. Padahal, rezeki yang Allah karuniakan kepada kita selaku hamba-Nya, sangatlah luas. Jika kita tela’ah firman Allah SWT dalam Al-Quran, setidaknya akan kita temukan adanya 8 (Delapan) jalan rezeki yang Allah berikan untuk kita selaku hamba-hamba-Nya.

Pertama: Rezeki akan Allah SWT hadirkan Karena Sedekah (QS.Al Baqarah: 245).

Sebagimana Firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah ayat 245:

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.”

Oleh karena itu, jika ingin karunia Rezeki dari Allah SWT maka janganlah kita ragu untuk bersedekah (menafkahkan harta yang kita miliki di jalan Allah), niscaya Allah akan melipatgandakan karunia rezeki kepada kita dengan rezeki yang berlipat ganda.

Kedua : Rezeki Kita Telah Dijamin oleh Allah SWT (QS.Hud: 6)

Allah SWT telah berfirman di dalam QS. Hud ayat 6:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)”

Firman Allah SWT tersebut di atas sangat terlihat jelas jika kita amati bagaiman cecak yang tidak memiliki sayap untuk terbang dan hanya mampu merayap di dinding tetapi dapat bertahan hidup dengan memakan nyamuk, binatang bersayap. Dengan kuasa  Allah SWT, nyamuk yang bersayap didekatkan kepada Cecak agar mudah ditangkap dan dimakannya agar cecak dapat bertahan hidup. Begitu juga dengan seekor burung yang terbang mencari makan di pagi hari dan pulang di sore hari dengan perut yang kenyang dan di lehernya tersimpan cadangan makanan untuk diberikan kepada a.nak-anaknya yang sabar menanti di dalam sangkarnya. Oleh karena itu, mengapa kita masih ragu dengan karunia rezeki dari Allah SWT setelah kita berikhtiar atau berusaha/ bekerja ?

Ketiga: Rezeki dari Allah SWT Karena Kita selalu Bersyukur (QS. Ibrahim: 7)

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam QS.Ibrahim ayat 7 :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT dan yakini dalam diri kita bahwa niscaya Allah SWT akan menambah kenikmatan dalam kehidupan kita,

Keempat : Allah SWT akan karunikan Rezeki Karena kehadiran Anak dalam Kehidupan Kita (QS. Al Isra: 31).

Hal ini dengan jelas telah Allah SWT nyatakan di dalam QS. Al-Isra ayat 31:

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar”.

Dengan demikian, yakinlah bahwa kehadiran anak dalam kehidupan kita akan Allah SWT sertakan dengan kehadiran rezeki dalam kehidupan kita.

Kelima: Karunia Rezeki Allah SWT diberikan kepada Hamba-Nya yang Menikah (QS.An Nur: 32)

Allah SWT telah berfirman dalam QS. An-Nur ayat 32 :

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan menikahlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kaurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Dengan demikian, yakinlah bahwa Allah SWT akan melapangkan Rezeki bagi hamba-hamba-Nya yang menikah karena Allah SWT dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Keenam: Allah SWT akan menurunkan Rezeki bagi Hamba-Nya yang Berusaha/ Bekerja (An Najm: 39)

Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An-Najm ayat 39 :

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.”

Oleh karena itu, berusahalah niscaya Allah SWT akan karuniakan Rezeki atas usaha yang telah kita lakukan.

Ketujuh: Allah SWT akan Karuniakan Rezeki yang Tak Terduga untuk Hamba yang Takwa (At Talaq: 2-3)

Allah SWT telah berfirman di dalam QS. At-Talaq ayat 2 dan 3:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.”

Kedelapan: Allah SWT Karuniakan Rezeki bagi Hamba-Nya yang selalu Beristighfar (Nuh: 10-12)

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam QS.Nuh ayat 10 s.d 12:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

Semoga saja kedelapan ayat dalam Alqur’an tersebut di atas akan memotivasi diri kita dalam upaya untuk meraih karunia Rezeki dari Allah SWT.

1 komentar untuk "8 SUMBER REZEKI YANG TERTUANG DALAM KALAM ILLAHI"